Januari 19, 2012

Tanda Baca

Ini adalah keluhan saya akhir-akhir ini.
Seseorang bisa tersinggung kalau tak mengerti apa yang dimaksudkan. Salah satunya dengan memperhatikan tanda baca dan memahami intonasi dari sebuah bacaan.
Logatisasi setiap daerah itu berbeda-beda. dan apa yang kita bicarakan belum tentu dipahami oleh lawan bicara kita. Belum lagi, masalah tanda baca di pesan singkat (Short Message Service) yang sering kita kenal SMS di Handphone.
   Saran saya cuma satu: pahami dulu maksud dari lawan bicara kita. Perhatikan, jangan langsung menyimpulkan atau kalau perlu bertanya sebelum memberikan jawaban. Ini akan benar-benar fatal kalau lawan bicara kita "tidak nyambung". Salah-salah akan dimarahi atau tambah "nyolot"
   Saya sering sekali mengalami hal itu, saya dianggap berbicara kasar sama lawan bicara saya. Padahal Ia belum tau apa yang saya maksudkan. Joke-joke untuk umpan juga belum tentu diterima dengan baik.

Keep your Mouth and How To respect you Partner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar