Februari 11, 2012

Opini : Tentang Pesawat dan Kemanan Negara

Membaca opini yang ditulis oleh teman saya tentang pembelian Pesawat Kepresidenan seharaga 535 Milyar, saya ingin membahas dari sudut pandang lain yang kadang tidak diketahui masyarakat umum

Pengadaan alat untuk keamanan negara haruslah hati-hati, Indonesia itu kaya, rajin belanja, apa-apa dibeli, tidak butuh juga dibeli. Tapi ada masalah yang penting yaitu tentang keamanan dan rahasia negara.
Saya termasuk bersyukur ketika Indonesia memiliki PT.Pindad yang mampu membangun alat perang untuk Indonesia, panser, senjata, dsb. Semua didesain untuk kebutuhan tentara Indonesia, yang lebih baik dari itu adalah, kerahasiaan desain dan apa-apa yang terkandung di dalam alat tersebut.

Sistem dan sebagainya menjadi rahasia negara, tidak ada negara lain yang mengetahuinya. Seharusnya begitu. Namun, ketika Indonesa membeli alat perang ataupun Pesawat kepresidenan yang konon sangat aman itu, dimanakah letak rahasia dari pesawat itu? tentu saja dimiliki oleh Perusahaan pembuat pesawatnya, di Amerika sana.

Sistem apapun yang ada di dalamnya diketahui oleh perusahaan pembuat pesawat , dan akan sangat mudah bagi negara lain, terutama yang memiliki rahasia sistem keamanan dan apapun yang terkadung di dalam pesawati itu untuk melakukan apapun. Bahkan, kenapa tidak ada yang bertanya, apakah Indonesia sendiri tahu betul apa saja yang ada di dalam pesawat tesebut? bagaimana penggunaannya , sistem nya.

Ini hampir sama dengan pembuat virus, dia bisa menciptkan juga antivirusnya dan dijual pula.
Mungkin tidak ada negara yang tahu bagaimana sistem keamanan pesawat Air Force One yang terkenal itu, karena apa ? rahasianya dimiliki oleh negara, dan dibuat di dalam negara itu. Sedangkan kita,pesawatnya dibuat di negara lain, dokumen kerahasian pesawwat tentu saja di miliki oleh otak-otak para enginner yang membuatnya dan perusahaannya.
Akan sangat mudah untuk mengendalikan pesawat kita, kita tidak memiliki teknologi nya , tapi pembuatnya jelas memiliki teknologi yang jauh lebih unggul diatas pesawat yang kita beli.
Sayang sekali, entah ada yang memikirkannya atau tidak. Juga ketika lelucon pembelian Tank yang sangat berat itu, apakah jalanan Indonesia dan jembatan-jembatan di Indonesia mampu dilewati tank itu? bisa jadi tank baru lewat diatas jembatan , sudah ambruk duluan jembatannya.
Indonesia sudah seharusnya mampu membuat sendiriseharusnya.
tapi, tidak ada yang percaya, rakyat tidak percaya, pemerintahnya saja tidak percaya
lebih baik bikin proyek untuk mengadakan barang, lebih menguntungkan, tidak capek pula, tinggal rapat-rapat, di bayar pula.
ini sama lucunya ketika Para elite pemerintah menggunakan BB, padahal kita tahu bhwa BBM yang dimiliki BB tidak memiliki server di Indonesia yang mana seluruh data pengguna berada di server pusat sana di Negeri asal BB, gimana rahasia negara dsb akan aman, sementara komunikasinya saja kita tidak memegang kendali atasnya?
Alangkah anehnya negeri ini . .
benar benar aneh …


semoga menimbulkan koreksi dan pengetahuan baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar