Desember 27, 2011

Dont Judge Anything if You dont Know Who i'am

Satu hari teman saya pernah mempersoalkan perihal tentang kuliah saya. 
Sebut saja namanya "Oseng"

Oseng: Abis SMA kamu mau kemana, tien?
Saya: Aku mau kuliah, cari ilmu yang banyak.
Oseng: Kuliah apa?
Saya: Apa aja, yang penting ada kampus mau menerimaku.
Oseng: Berarti kamu gak punya tujuan hidup donk, milih jurusan  aja gak tau.
Saya: Kenapa begitu, kan tadi aku bilang aku mau cari ilmu yang banyak.
Oseng: iya, tapi kan harus sesuai sama minat dan bakat
Saya: emang ada ya kampus yang nentuin sama minat dan bakat. La wong rata-rata Kampus di Indonesia itu menerima orang-orang yang punya uang dan mau kuliah. Tak peduli sama minat dan bakatnya.
Oseng: Zaman sekarang harus selektif lah, untuk sekedar urusan kuliah. Biar kamu juga gak bingung milih kerja yang mana? jangan salahin pemerintah ntar kalo kamu gak keterima kerja. karena Kuliahmu juga gak sesuai sama keahlian dan bakatmu.
Saya: Wah, berarti kamu selektif banget soal yang begituan. Kalo aku gak sampe kepikiran. ada kampus A, ya, aku masukin tergantung jurusan apa yang aku sukai. Karena ini menyangkut ilmu. aku suka belajar apa saja. Agama, ekonomi, bahasa asing dan lain-lain. Aku gak peduli dan gak terlalu ngurusin aku dapet kerja atau enggak. Aku masuk kuliah bukan untuk cari kerja tapi cari ilmu. Urusan minat dan bakat, aku lebih suka belajar otodidak.
Oseng: Astaghfirrullah, berarti kamu mendahului Tuhan.
Saya: Maksudmu aku mengingkari kalau Tuhan memberi bakat sama manusia?
Oseng: Ya, seperti itulah kira-kira.
Saya: Aku percaya, tapi tidak semua orang dapat bakat dengan sendirinya. Bakat itu bisa dilatih, orang punya bakat lukis tapi dia tidak pernah melatih dirinya melukis dan mempublikasikan, Ya, sama saja.
Oseng: Kamu seperi orang tidak punya pendirian...
Saya: Emang orang yang punya pendirian itu kaya apa sih?
Oseng: Diam Seribu bahasa
Saya: Kok diem seng..
Oseng: Orang yang punya pendirian itu, konsisten dengan apa yang dipilihnya.
Saya: La trus kamu fikir apa yang aku ucapkan itu bukan pendirian.? la wong itu salah satu pendirianku kok.
Oseng: diam lagi
Saya: Terimakasih ya Seng, atas kritikannya. I think; it's just how you look at someone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar